website-gamerz izhar-technology
Wizardwere
XKRESSSX-TECHNOLOGY FARHAN-TEKHNOLOGI FARLI-BERBAGI technology-sph
technology-sph
technology-sph
technology-sph
Technology SPH

Manfaat Bermain Catur

Penelitian di berbagai negara, membuktikan bahwa permainan catur adalah sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepribadian. Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri, melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu terbatas.

Banyak orang memandang permainan catur sangat membosankan. Gimana tidak??? Bayangkan…, gak ada sporter apalagi cheerleader atau umbrella girl, sepanjang permainan pemainnya hanya diem-dieman dan asik dengan pikirannya masing-masing, gak ada body contact, gak ada genderang atau trompet penyemangat pertandingan dan masih banyak lagi alasan yang membenarkan klo catur itu memang membosankan. Tapi jangan pernah pertanyaan itu anda tanyakan kepada para pemain/atlit dan penggemar/hobier-hobier catur. Maka jawaban yang anda dapat pasti bertolak belakang dengan pendapat sebelumnya. Permainan Catur itu sangat sangat…sangat mengasyikan. Meski tanpa umbrella girl, cheerleader maupun sporter yang menyemangati bahkan gak ada penontonya sekalipun….. , mereka bisa bertahan sampai berjam-jam. Benar-benar permainan yang aneh!!!! Di sini aku gak mo bicarakan mengapa orang bisa bertahan berjam-jam melototi balok-balok kayu bisu diatas papan segiempat hitam-putih yang disebut catur itu, tapi aku mo coba ngebahas tentang filosofi yg terkandung di dalam permainan catur yang mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam catur sudah diatur bagimana pergerakan dari bidak-bidaknya, misalnya pion hanya bisa bergerak maju (langkah petama boleh 2 petak setelah hanya boleh 1 petak), menteri/peluncur bergeraknya miring, kuda geraknya menyerupai huruf “L”, Benteng bisa 4 arah tapi tidak bisa miring, ster/patih bisa gerak arah mana aja dan raja/ratu bisa gerak segala arah tapi hanya 1 petak setiap langkah.

“Dalam kehidupan…..setiap orang mempunyai peran dan cara hidup masing-masing yang terikat dalam aturan-aturan, baik yg dibuat Tuhan maupun oleh manusia sendiri. So….ikuti aturan dan pahami benar-benar apa peran yang sedang kita mainkan serta seyogyanya kita tahu apa yang seharusnya kita kerjakan.”

Dalam catur sebelum memulai permainan kita sudah menentukan cara bermain….. bertahan atau menyerang. Namun terkadang ditengah jalannya permainan ada kalanya kita ubah cara bermain kita karena adanya perubahan situasi dan posisi permainan. Tetapi tujuan tidak pernah berubah yaitu tetap mempertahankan raja kita agar tidak mati atau minimal bisa remis

“Dalam kehidupan…..sedari awal kita harus tetap focus pada tujuan yang telah kita tetapkan dan bagaimana cara meraihnya. Jika ada perubahan situasi dan kondisi dalam kehidupan kita, maka yang perlu kita sesuaikan adalah caranya bukan tujuannya. Tujuan bisa kita rubah jika memang tidak ada cara lain lagi untuk meraihnya (jika tidak mungkin menang maka remis-lah yg kita usahakan).”

Dalam catur setiap langkah yang kita buat harus kita perhitungkan benar-benar dan harus selalu mengandung tujuan yang jelas tanpa mengabaikan posisi sendiri ataupun lawan. Pendek kata, tanpa perhitungan yang matang dan tujuan yg jelas maka langkah yang kita buat akan menjadi sia-sia bahkan bisa menjadi blunder yg berujung pada kekalahan.

“Dalam kehidupan…. memperhitungkan setiap gerak-langkah kita dengan tujuan yg jelas tanpa melupakan kondisi sendiri dan keadaan sekitar harus senantiasa kita lakukan agar bisa berakhir dengan kemenangan.”

Dalam catur kita tidak boleh lengah, apa lagi meremehkan lawan. Meski secara kuantitas jumlah bidak kita lebih banyak dan posisi sudah mau memenangkan permainan tetapi kalo kita ceroboh dan tidak focus maka kesalahan dan kecerobohan akan bisa dimanfaatkan lawan untuk mengambil alih atau merubah jalannya permainan. Karena, lawan akan berpikir lebih keras jika posisinya terdesak dan berusaha melepaskan diri dari keterdesakannya sehingga jika kita tidak focus dan bertindak ceroboh maka kemanangan yang sudah hampir ditangan akan musnah.

“Dalam kehidupan….kita tidak boleh bertindak ceroboh dan seenaknya sebelum tujuan benar-benar tercapai. Tetap focus setiap saat dan jangan biarkan situasi/kondisi disekeliling kita mengubah track yang sudah kita bangun susah-susah dalam meraih tujuan. Kekayaan dan kepintaran yang kita miliki bisa mempermudah dalam meraih tujuan hidup tetapi jika kita tidak bijaksana dan salah menggunakan kekayaan dan kepintaran yang kita miliki maka kehancuran yang akan kita dapat.”

Dan satu lagi….., pion meski kadang hanya dipandang sebelah mata dan sering diremehkan perannya dalam permainan, tapi pada saatnya pion bisa berubah dan menjadi apa saja jika selamat melangkah dibatas akhir pertahanan lawan.

“Jangan pernah meremehkan orang meski orang tersebut Nobody”

Posting Komentar - Back to Content

Rule of T-S :

> Saya hanya menerima komentar yang masih menyangkut artikel yang di post
> Kritik dan Saran yang baik akan terima kalau tidak sopan akan saya hapus
> Dilarang Spam , Flood , Sara , dan Link yang mengandung hal yag jelek
> Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. Tinggalkan Follow-nya !!



 
Terima kasih telah visit !! Gunakan chrome untuk tampilan lebih baik !! ⌒o⌒Tinggalkan Follow dan komentarnya ^∇^